Skip to content

bisnis gaharu

May 8, 2011

bisnis gaharu sanagt menggiurkan, sehingga teman dekat ku selaulu berusaha untuk manjalani bisnis gaharu, berawal dari membaca article mengenai gaharu, teman ku semakin yalain kalu dia akan berhasil menjalani bisnis gaharu, sehingga dia pernah mampir ke sebuah pembibitan gaharu di lampung, sebagai awal dia tmencoba membeli bibit gaharu, lalu mencari orang yang paham denagan gaharu, setelah bertemu orang yang paham dengan kayu gaharu, dia meminta untuk mengambilkan dia sedikit contoh kayu gaharu, orang tersebut pun bersedia memberikan dia kayu gaharu, namun hany sedikit sekali, sehingga saya menyuruh orang tersebut untuk mengambllkan lagi kayu gaharu, kayu gaharu yang kami dapatkan kami potong kecil-kecil, karna ada permintaan sample gaharu, setelah teman ku sampai di jakarta ternyata orang tersebut sulit sekali di temui, hingga teman saya baru bertemu dengan orang tersebut hampir malm hari, setelah bertemu teman ku memperlihatkan sample gaharu tersebut, ternyata gaharu yang di bawa teman ku, tidak sesuai dengan permintaan mereka, lalu temanku mengeluarkan sample gaharu buaya, gaharu buaya pun tidak cocok dengan mereka, akhirnya temanku pulang ke rumah, setelah selesai sholat isa saya telpon lagi, karna mengalami peristiwa yang lucu, saya lansung ketawa saat dia mengangkat telpon, diapun tertawa, tapi meskipun gagal dalam perjalanan pertama, tidak ada kekecewaan sama sekali, karena bagi kami pengalaman berusaha itu memang penuh liku-liku, yang penting kami sudah mendapat titik terang tentang berbisnus gaharu, kami bisa belajar banyak dengam orang-orang yang sudah berpengalaman berbisnis gaharu, saya juga sudah banyak berkorban untuk memulai usaha ini, pertama saya mengumpulkan gaharu saya sudah membeli gaharu sebanyak 6 kg, saya mengira itu adala gaharu super, sudah beberapa orang yang smeminta sample gaharu, ternyata gaharu tersebut bukan gaharu yang mereka cari, gaharu tersebut mereka bilang gaharu buaya, memang dari awal saya sudah menduga, mengapa gaharu ini bau kemenyan, padahal gaharu di gunakan untuk bahan aroma, apa mungkin gaharu yang bau kemenyan ini bisa menjadi parfum yang wangi, karna merasa tidak puas saya bersaha menemukan kayu gaharu, saya temui seorang yang biasa mencari gaharu, setelah sya bertemu dengan nya dia bercerita soal gaharu, dan dia punya sedikit gaharu yang dia simpan sudah lama sekali, gaharu tersebut saya beli, setelah pulang saya coba membakar sedikit dari kayu gaharu yang tampak berwarna hitam, dan ternyat aroma nya sangat berbeda dangan gaharu yang saya punya, setelah melihat gaharu yang sesungguh nya barulah saya mengerti mengapa harga gaharu sangat mahal, ternyata mengumpulkan gubal bukanlah hal yang mudah, dari gaharu yang saya lihat gubal gaharu nya hanya berupa bintik-bintik hitam, kalau pun ada yang sebesar jempol, itu hanya di bagian bekas cabang gaharu yang patah saja, bobot nya pun sangat ringan, bisa dapat gubal gaharu super, merupakan taqdir karna sudah banyak pencari gaharu, mereka tidak pernah dapat guabal gaharu super dalam jumlah yang banyak.
setelah membaca buku tentang gaharu, ternyata gaharu budidaya bisa menghasilkan gubal gaharu yang lebih banyak, karana gaharu budidaya bisa di berikan bibit gubal gaharu pada tanaman gaharu, gaharu yang dapat di berkan bakal gubal gaharu apabila pohon gaharu tersebut sudah mulai berbuah, pohon gaharu yang sudah berbuah di lobangi sedalam 1/2 lingkaran batang, secara bersilang, pembuatan lobang pada batang menggunakan bor, lobang tersebut di isai bibit gubal gaharu, lalu di tutup dengan lilin, supaya tidak kemasukan air di saat hujan, setelah tiga tahun sudah terbetuk gubal gaharu, memang jangka nya sangat panjang, namun untuk penghasilan awal pembuatan bibit gaharu tentu merupakan peluang usaha yang dapat meraih keuntungan dalam waktu yang lebih singkat, dengan memperkenalkan gaharu kepada petani maka tentu saja banyak petani yang akan tertarik untuk menanam gaharu, sementara bibit gaharu masih tergolong langkah, dengan demikian harga bibit gaharu bisa di jual dengan harga yang tinggi,

No comments yet

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

